SEC Tolak Pengajuan WisdomTree untuk Spot Bitcoin ETF

WisdomTree ditolak SEC?

The United States Securities and Exchange Commission atau SEC secara resmi tidak menyetujui spot Bitcoin ETF dari pengelola aset WisdomTree setelah menunda keputusan beberapa kali tahun ini.

Menurut pengajuan hari Rabu, SEC menolak usulan perubahan aturan dari Cboe BZX Exchange untuk mendaftarkan dan memperdagangkan saham WisdomTree’s Bitcoin Trust. Secara khusus, SEC mengatakan setiap perubahan aturan yang mendukung persetujuan ETF tidak “dirancang untuk mencegah tindakan dan praktik penipuan dan manipulatif” atau “melindungi investor dan kepentingan publik.”

SEC menyimpulkan bahwa BZX belum memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan produk keuangan di bawah aturannya selain Exchange Act, dengan mengatakan bahwa BTC ETF yang diusulkan tidak akan mengizinkan komisi “untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mendeteksi, menyelidiki, dan mencegah penipuan dan manipulasi pasar, serta pelanggaran aturan bursa dan undang-undang dan aturan sekuritas federal yang berlaku.” Selain itu, SEC mengatakan bahwa bursa tersebut tidak menyediakan sarana yang memadai untuk mencegah tindakan dan praktik curang dan manipulatif.

Secara khusus, agensi tersebut mengklaim bahwa BZX tidak memberikan data yang cukup untuk menyimpulkan bahwa pasar crypto tahan terhadap manipulasi, atau mengatasi kekhawatiran tentang kemungkinan sumber penipuan dan manipulasi, termasuk perdagangan pencucian uang dan faktor risiko lainnya. Sementara bursa menggunakan contoh yang ditetapkan oleh produk berjangka crypto dengan CME Group dalam argumennya untuk persetujuan, SEC menolaknya sebagai bukti untuk menerima ETF crypto spot.

Spot WisdomTree Bitcoin ETF ditolak

SEC telah menolak ETF spot Bitcoin kedua, dengan alasan kurangnya perjanjian berbagi pengawasan dan ketidakmampuan untuk mencegah praktik penipuan atau manipulatif di pasar spot BTC.

WisdomTree telah menyaksikan beberapa penundaan dalam keputusan regulator tentang ETF Bitcoin pada tahun 2021. Perusahaan itu pertama kali mengajukan aplikasinya ke SEC pada 26 Maret tahun ini. Pada bulan April, regulator membuka aplikasi untuk publik untuk komentar dan memberikan periode waktu yang lebih lama untuk membuat keputusan tentang perubahan aturan yang diusulkan. 

SEC menolak usulan perubahan aturan dari Cboe BZX Exchange untuk memperdagangkan saham Perusahaan Bitcoin Trust dan menyatakan bahwa setiap perubahan aturan yang mendukung persetujuan ETF akan melarang perlindungan investor dan kepentingan publik.

Regulator sekuritas lebih lanjut menyatakan bahwa BZX tidak memenuhi bebannya di bawah Exchange Act dan Commission’s Rules of Practice. SEC menjelaskan bahwa ETF Bitcoin yang diusulkan tidak akan mengizinkan agensi untuk mendeteksi atau memperoleh informasi yang diperlukan untuk menyelidiki penipuan dan manipulasi pasar.

Agensi lebih lanjut mengklaim bahwa BZX tidak memberikan informasi yang cukup untuk mengklarifikasi tentang bagaimana pasar cryptocurrency tahan terhadap manipulasi atau mengatasi kekhawatiran tentang potensi sumber penipuan, manipulasi, pencucian perdagangan, dan faktor risiko lainnya. 

ETF Bitcoin VanEck ditolak oleh SEC karena alasan yang sama pada bulan November. Meskipun ada permintaan untuk ETF cryptocurrency di antara investor aset digital, regulator telah menolak sejumlah aplikasi ETF BTC.

Meskipun regulator enggan menyetujui ETF kripto berbasis spot, agensi tersebut telah menyetujui ETF yang terkait dengan kontrak berjangka Bitcoin sejak Oktober. Ketua SEC Gary Gensler telah secara terbuka menegaskan kembali dukungan untuk ETF Bitcoin berbasis berjangka dalam beberapa bulan terakhir. 

Sejak awal mengajukan aplikasinya ke SEC pada 26 Maret, WisdomTree telah melihat komisi menunda keputusan di tempat Bitcoin ETF beberapa kali pada tahun 2021. SEC membuka aplikasi untuk publik untuk komentar pada bulan April dan menetapkan periode waktu yang lebih lama untuk menyetujui atau menolak usulan perubahan aturan pada bulan Mei, Juli dan September. Alasannya untuk menolak penawaran dari WisdomTree serupa dengan alasan untuk ETF Bitcoin VanEck, yang ditolak pada bulan November.

Namun, WisdomTree dapat mendaftarkan produk yang diperdagangkan di bursa kripto di bursa Euronext di Paris dan Amsterdam. Produk investasi, diperdagangkan di bawah ticker MEGA, didukung oleh aset kripto fisik termasuk Bitcoin dan Ether.

Aplikasi ETF terpisah untuk WisdomTree’s Ethereum Trust di Amerika Serikat, pertama kali diajukan ke SEC pada bulan Mei, masih dalam peninjauan. Selain itu, agensi kemungkinan akan mencapai keputusan tentang ETF yang menawarkan eksposur ke Bitcoin dari Kryptocoin, dengan batas waktu yang diharapkan pada 24 Desember.